Fun Facts; Arctic Monkeys

0
9151

Nama ‘Arctic Monkeys’ merupakan pilihan nama yang diberikan oleh gitaris Jamie Cook, dan dia belum pernah memberikan alasan yang sebenarnya kepada personel lainnya termasuk Alex Turner.

Sebenarnya, vokalis pertama Arctic Monkeys itu adalah Glyn Jones, karena Alex Turner masih terlalu malu pada saat itu untuk menempati posisi tersebut.

Bertahun-tahun Arctic Monkeys latihan bersama di sebuah garasi milik Alex Turner, mereka semua memiliki antusias di gitar, dan akhirnya dilatih secara rutin di tempat tersebut mulai tahun 2002.

Matt Helders mengambil posisi drummer karena sudah tidak ada lagi pilihan, sementara yang lain sudah memilih masing-masing instrument.

Alex Turner pertama kali datang ke sebuah gig yang mempengaruhi hidupnya ketika menonton The Vines di Manchester, Alex Turner sangat terbius oleh aksi Craig Nicholls.

Sebelum bergabung dengan Domino Records, Arctic Monkeys banyak dikenal dengan menyebarkan demo-demonya secara bebas di beberapa website file-sharing.

Arctic Monkeys pernah mendapatkan penghargaan dari Guiness World Record untuk penjualan debut album tercepat di UK, lewat album “Whatever People Say I Am, That’s What I Am Not” yang terjual sebanyak 363,735 keping di minggu pertama dan 113,000 di hari pertama.

Selain itu di Amerika, album tersebut menjadi album dengan penjualan tercepat kedua untuk Debut Indie Album pada tahun 2006.

Alex Turner dilaporkan sebagai orang terkaya ke-16 yang berumur di bawah 30 tahun di Inggris Raya.

Arctic Monkeys mencatat sejarah sebagai band pertama yang mendapatkan penghargaan dari ShockWaves NME Awards untuk dua kategori, yaitu Best New Band dan Best British Band pada tahun 2006.

Arctic Monkeys menyukai The Wizard Of Oz.

Thom Yorke pernah berkomentar cukup pedas tentang kesuksesan Arctic Monkeys dengan menyinggung industri musik sudah semakin buruk dengan berkembangnya music mainstream.

Arctic Monkeys merasa tidak terganggu oleh komentar tersebut, mengingat betapa album-album Radiohead sudah banyak mengisi kehidupan muda para personelnya.

Sebelumnya, beberapa personel Arctic Monkeys termasuk Alex Turner menyukai musik Hip Hop pada saat muda, dan akhirnya terjadi perubahan terhadap pandangan musik yang mereka suka ketika melihat band-band seperti The Strokes, The Libertines dan Queen of the Stone Age di sebuah festival musik lokal.

Alex Turner mengaku, kalo dia banyak menulis lagu pada saat dini hari, di mana suasananya begitu sunyi dan sepi. Tidak jarang aktivitasnya sering dibalik, malam berarti siang, dan siang berarti malam.

Alison Mosshart dari The Kills pernah membantu proses penulisan lagu “Fire and the Thud” di album Humbug, bahkan dia ikut membantu menjadi backing vocals.

Matt Helders sering membuat sebuah pesan di bass drum-nya menggunakan ‘lakban’ di setiap penampilannya. Beberapa pesan yang sering dipasangnya adalah ‘Guilty Feet Have Got No Rhythm’, ‘The Funk Might Fracture Your Nose’ dan ‘Agile Beast’.

Lagu ‘Fluorescent Adolescent’ ditulis Alex Turner dan kekasihnya Johanna Bennett pada saat liburan di Mediterranean.

Alex Turner menulis lagu-lagu untuk film Submarine.

Jamie Cook adalah pemain bola untuk tim Packhorse FC.

Matt Helders pernah terluka dan cidera tangan kirinya pada saat melakukan olahraga berat di boxing ring. Dia selalu menjuluki dirinya sebagai ‘The Bionic Drummer’.

Influence terbesar Matt Helders adalah drummer Led Zeppelin, John Bonham.

Semua personel Arctic Monkeys sudah saling kenal sejak usia mereka 7 tahun.

Judul debut album Arctic Monkeys ‘Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not’ merupakan quote yang diambil dari buku dan film karya Albert Finney yang berjudul Saturday Night And Sunday Morning.

Lagu “Brianstorm” menceritakan tentang seorang fan ‘aneh’ (termasuk dandanannya) yang tiba-tiba datang ke ruang ganti di salah satu penampilan Arctic Monkeys di Osaka, Jepang.

Minuman favorit Alex Turner adalah Bourbon

Album favorit Alex Turner adalah Rubber Soul milik The Beatles

Lagu Arctic Monkeys yang jadi favorit Matt Helders adalah “Dance Little Liar”

Puisi John Cooper Clarke yang berjudul “Out Of Control” tertempel di cover belakang single Arctic Monkeys yang berjudul “Fluorescent Adolescent”.

Josh Homme (Queen of the Stone Age) pernah tampil bersama Arctic Monkeys pada saat mereka tampil di Pappy and Harriets, California.

Bait lirik …“Your name isn’t Rio, but I don’t care for sand…” di lagu “I Bet You Look Good On The Dancefloor” terhubung dengan lagu Duran Duran yang berjudul “Rio”.

Pada saat tour panjang, personel Arctic Monkeys sering menonton The Wire dan menjadi tontonan wajib saat tour.

Lagu “Potion Approaching” ditulis Alex Turner karena terinspirasi oleh kecintaannya pada mobil Mini kesayangannya bernama, Floyd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here