Connect with us

Articles

5 Strategi Merilis Single

Published

on

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merilis single selain hanya melemparnya di SoundCloud atau Bandcamp. Merilis single pun bukan hanya berbicara tentang distribusi seperti lewat Apple Music, iTunes, Spotify dan lain-lain, namun juga perlu diperhatikan tentang potensial growth dari single tersebut bagi pendengar.

Global music distribution itu perlu, namun jika kita menyeimbangkannya dengan potensi pendengar maka hasilnya akan lebih maksimal, oleh karena itu, inilah beberapa strategi yang bisa diadaptasi ketika merilis single.

Rilis Video Single

Lewat video single ini kita bisa melibatkan YouTube, bisa dilengkapi dengan album art track sebelum pada tahapan official music video. Selain itu juga bisa diawali dengan live video atau lirik video. YouTube merupakan fitur yang sangat sharable untuk online content dan mampu menarik viral juga.

Rilis Radio Single

Radio masih menjadi pilihan terbaik untuk memaksimalkan rilisan single. Beberapa potensi pendengar masih banyak tinggal dan menggunakan fitur radio, selain itu pun produser dan beberapa music enthusiast masih melibatkan data pendengar radio sebagai acuan penilaian. Lewat rilisan radio ini maka kita mesti memerhatikan tentang durasi, biasanya durasi di antara 2,5 – 4 menit.

iTunes pre-sale

iTunes memiliki fitur pre-sale yang ternyata mampu menarik perhatian pendengar. Biasanya pre-sale ini akan dikeluarkan sebulan sebelum album akan keluar. Pancingan ini berhasil menarik banyak potensi pendengar yang baru.

Rilis Single di Kompilasi

Meskipun sifatnya tidak sepenuhnya single, karena terdapat di sebuah album kompilasi, namun perilisan single di album kompilasi ini mampu membuat posisi musisi pada level produktivitas yang tinggi. Hal ini berhubungan dengan produktivitas pada pembuatan lagu baru dan diperhatikan pada sebuah kompilasi.

Series of Singles

Jika perilisan single dengan cara free download atau remix dirasa membosankan, pilihan series of singles bisa diadaptasi untuk strategi selanjutnya. Secara periodik dalam timeline yang regular, berikan kesempatan kepada pendengar untuk menyimak singles yang akan terdapat di album. Nilai penasaran akan membantu pendengar berkumpul dan menunggu setia pada singles yang akan dirilis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *