Connect with us

Articles

Cara Alternatif Mastering Lagu

Published

on

Landr

Mastering menjadi salah satu langkah yang cukup fundamental dalam proses pengolahan materi lagu. Melalui mastering ini juga, langkah akhir dari lagu akan dibentuk dan diolah menuju perilisan kepada publik. Proses mastering ini mampu membawa sebuah materi lagu menuju professional-quality music, karena proses ini merupakan jembatan dan berpengaruh terhadap hasil rekaman dengan proses distribusi.

Namun, tahapan mastering ini pun tidak mudah dan tidak singkat, perlu proses-proses tertentu, seperti melibatkan orang yang professional, orang yang memiliki kemampuan membuat good mix sound great, dan tentu saja tidak semuanya murah dari segi biaya.

Selain itu, biasanya mastering engineers yang sering di-hire oleh banyak musisi pun memiliki jadwal pekerjaan yang padat dan panjang, sehingga tidak jarang mesti mengantri lama. Jika hal ini bermasalah dengan target perilisan, dan berniat untuk memaksakan waktu atau mempersingkat proses mastering, maka hasilnya pun ditakutkan tidak maksimal.

Kini, ada alternatif mastering yang cukup cepat dalam segi proses dan affordable dalam segi biaya untuk proses audio mastering ini. Ada Landr, sebuah pelayanan audio mastering online yang memiliki tagline “professional sound in just two clicks”. Hal ini disambut positif bagi banyak musisi sebagai cara alternatif untuk mastering.

Landr memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mencoba mastering di lagu yang ingin diproses secara gratis. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan preview sebelum membayar jasa mastering ini. Iya, proses ini tidak gratis, membayar hanya dengan biaya $9.99 per lagu untuk mendapatkan hi-res WAV file.

Caranya sangat mudah, tinggal drag dan drop lagu yang ingin diproses, dengarkan dan bandingkan hasilnya dan jika menyukainya tinggal bayar. Landr melakukan proses mastering melalui tahapan yang unik, melalui proses pendengaran dan menyajikan custom set untuk setiap lagunya, jadi tidak menggunakan preset.

Hal ini tentu saja bisa menjadi alternatif bagi musisi-musisi yang mengalami beberapa kendala dalam proses audio mastering. Landr pun sudah digunakan oleh berbagai perusahaan rekaman hingga label rekaman.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *