TANI MAJU Merilis Music Video “BUKANLAH BISNIS”

“Saat Semua Hal Bisa Menjadi Komoditas"

0
92

Sekitar satu bulan setelah hiruk-pikuk perpolitikan negeri ini, Tani Maju kembali mengeluarkan sebuah video musik bertajuk “Bukanlah Bisnis”. Video musik garapan Kancing Studio yang dibantu oleh Bunker 201 ini tayang perdana di kanal Youtube Tani Maju sejak tanggal 21 Mei 2019 pada pukul 20.00 WIB.

“Bukanlah Bisnis” merupakan salah satu lagu dari album keempat mereka, Bed4 Topi Miring Bersama yang dirilis pada tahun 2017. Secara materi, lagu hasil kolaborasi dengan Harmen Daniel Pigawahi ini cukup menjadi pembeda dalam album tersebut. Jika lagu-lagu mereka terdahulu banyak berkisah tentang kebersamaan serta hubungan interpersonal manusia, kali ini Tani Maju menyajikan sebuah lagu kritik sosial, teritori yang terbilang jarang dibahas oleh mereka.

“Kami mengartikan ‘bisnis’ di sini bukan hanya dari sudut pandang sempit transaksi moneter,” ungkap Tani Maju. “Lebih dari itu, kita bisa melihat itu sebagai jual-beli kekuasaan, power. Sekarang apa-apa bisa dibisniskan, bisa diperjualbelikan, bisa di-kuasakan. Bahkan sampai hal-hal yang dipandang ‘sakral’ dan tentu saja tidak pantas untuk dilibatkan dalam urusan ini,”lanjut mereka. Tentu saja ini sangat relevan dengan keadaan pemilihan presiden (pilpres) hari-hari ini.

“Efek dari perhelatan politik ini bisa multi-dimensi, dari memainkan isu nasionalisme, lokalitas, hingga yang paling sensitif dan ironisnya paling ‘digoreng’, agama atau keyakinan,” lanjut mereka. Mereka berpendapat hal-hal tersebut di atas tidak seharusnya ikut “dijual”, terutama dalam praktik politik yang destruktif hari-hari ini. Keresahan tentang hal ini tertulis jelas pada salah satu penggalan lirik lagu ini:“Peninggalan, pemilihan, pendidikan, persatuan, keyakinan, kebanggaan bukanlah bisnis.”

Berbeda dengan video klip terdahulu, konsep teatrikal dipilih untuk karya audiovisual ini. Sepanjang video klip, audiens bisa melihat beberapa simbolisme dari keadaan sekitar yang direpresentasikan oleh aktor-aktor di dalamnya. MV “Bukanlah Bisnis” ini disutradarai oleh M Amirul Muminin yang juga berperan sebagai DOP.

Sebelum merilis video klip “Bukanlah Bisnis”, Tani Maju telah merilis video klip untuk beberapa single-nya seperti “Beda Topi Miring Bersama 2” yang berkolaborasi dengan Nganchuk Crew, “Jiwa Bahagia” dengan MonoHero, dan “Kau & Aku” dengan Kidnep dan Antok “Intenna”. Sejak awal, Tani Maju memang berencana untuk merilis lagu-lagu dalam album Bed4 Topi Miring Bersama dalam format video klip, terutama lagu-lagu hasil kolaborasi bersama artist lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here