Connect with us

New Tracks

‘Ragu’ Menjadi Hasil Eksperimen Pertama Upleaf Menulis Lagu Berbahasa Indonesia

Published

on

Upleaf

Band pop rock alternatif asal Bintaro, Upleaf, akan merilis single terbaru bertajuk ‘Ragu’ pada tanggal 16 November 2023. Single ini adalah bukti kuat Upleaf dalam menunjukkan keseriusan di industri musik setelah sebelumnya sudah merilis Debut EP berjudul ‘A Particular Feeling I Shouldn’t Say’ pada Juni 2023 lalu. Single ini juga memiliki elemen berbeda yang Upleaf tampilkan lewat lirik Bahasa Indonesia. Faktanya, sejak Upleaf mulai berkarya mereka selalu menulis lagu dengan bahasa asing, yakni Bahasa Inggris.

Ragu ‘Ragu’ tercipta secara tulus melalui sentuhan & imajinasi para personil, namun pada awalnya ide besar dari karya ini diinisiasi oleh sang gitaris, Rizdaffa & Arvanzach. Single ini bercerita mengenai seseorang yang tak lagi nyaman dengan kesendirian namun dia juga ragu untuk bisa memulai lembaran baru dan meninggalkan kesendirian. Fenomena ini merupakan kisah nyata dari salah satu personil Upleaf, yakni Rizdaffa yang menempati posisi sebagai gitaris. Rizdaffa juga memberikan pernyataan terkait peran besarnya dalam penulisan lagu ini “Ya, pada dasarnya lagu ini adalah cerita yang pasti semua orang pernah rasain, jadi gua rasa ketika orang dengerin ini akan banyak yang merasa relate”, ujar Rizdaffa dikutip dari interview bersama teman-teman media.

Disamping itu, ‘Ragu’ memiliki fakta menarik yang mencolok, yaitu penulisan lirik dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya karya Upleaf selalu berbahasa Inggris. Alasan besar Upleaf memberanikan diri menggunakan Bahasa Indonesia dalam ‘Ragu’ karena merasa Bahasa Indonesia adalah bahasa utama mereka, sehingga sebagai musisi Indonesia sebaiknya bisa menciptakan lagu dengan bahasa tersebut. ‘Ragu’ adalah tantangan pertama yang Upleaf berhasil lalui untuk menulis lagu dalam format Bahasa dan tidak menutup kemungkinan akan ada karya Upleaf lainnya yang menggunakan lirik berbahasa Indonesia kedepannya.

Proses penggarapan ‘Ragu’ dimulai sejak bulan Agustus 2023 dengan beberapa tantangan dan hambatan di dalamnya. Pada awalnya ide lagu ini hanya topik selintas yang para personil Upleaf bahas namun ternyata salah satu personil mereka Rizdaffa merealisasikannya dan mengirim demo ke grup WhatsApp, tidak butuh waktu panjang seluruh personil langsung menyukai demo lagu ‘Ragu’ dan sepakat menjadikan ini proyek terbaru Upleaf. Dinamika & diskusi juga membuat lagu ini memiliki rasa yang tulus & jujur. Semua proses produksi dilakukan secara mandiri melalui fasilitas home recording, dengan dibantu proses mixing dan mastering oleh Casey Leiwakabessy dari High Ground Studio.

‘Ragu’ diharapkan dapat menjadi jembatan Upleaf untuk berbagi cerita melalui musik lebih luas dan meninggalkan bekas yang positif kepada para pendengarnya. Single ini akan dapat dinikmati di seluruh digital streaming music platform seperti Spotify, YouTube Music, Apple Music, dan lainnya mulai besok (16/11)

.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *