Connect with us

Articles

10 Lagu Pilihan Terbaik Di Dunia Untuk Meredakan Stres

Published

on

10 Lagu pereda stres

Mendengarkan musik dapat meredakan stres dan membuat orang menjadi lebih tenang, tapi 10 lagu spesial ini bahkan bisa membantu mengurangi stres hingga 65%.

 

Berikut ini adalah daftar 10 lagu paling santai di dunia dengan kemampuan yang fantastis, yaitu dapat menurunkan tingkat stres hingga 65%. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Inggris.

10. “We Can Fly,” by Rue du Soleil (Café Del Mar)

9. “Canzonetta Sull’aria,” by Mozart

8. “Someone Like You,” by Adele

7. “Pure Shores,” by All Saints

6. “Please Don’t Go,” by Barcelona

5. “Strawberry Swing,” by Coldplay

4. “Watermark,” by Enya

3. “Mellomaniac (Chill Out Mix),” by DJ Shah

2. “Electra,” by Airstream

1. “Weightless,” by Marconi Union

Musik telah lama digunakan sebagai sarana untuk bersantai dan memulihkan kesehatan manusia. Selama berabad-abad, banyak budaya di seluruh dunia telah menggunakan musik untuk mengangkat dan bahkan menyembuhkan luka fisik dan psikologis.

Ahli saraf di Inggris melakukan penelitian dengan cermat untuk memilih melodi yang paling efektif untuk mengurangi stres manusia.

Stres

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menggunakan sensor untuk terus memantau relawan yang mendengarkan musik dan memecahkan teka-teki yang sudah disiapkan dan diatur sedemikian rupa. Teka-teki tersebut akan menciptakan tingkat stres tertentu di otak manusia dan dalam proses itu, para sukarelawan mendengarkan lagu-lagu yang berbeda. Selama proses tersebut, indikator biologis seperti detak jantung, tekanan darah, laju pernapasan dan lain-lain secara terus menerus dicatat oleh para ilmuwan untuk mengevaluasi dampak musik pada tingkat stres.

Menurut Dr David Lewis-Hodgson, anggota tim peneliti, 10 lagu di daftar ini adalah lagu-lagu yang paling efektif untuk relaksasi mental yang pernah diuji. Hasil studi menunjukkan bahwa hanya dengan mendengarkan lagu Weightless, tingkat kecemasan relawan berkurang 65% sedangkan indikator biologis normal mereka berada dalam kondisi rileks sekitar 35%.

Lebih khusus lagi, para peneliti menemukan bahwa efek relaksasi dari lagu-lagu tersebut berasal dari fakta bahwa lagu-lagu tersebut diciptakan untuk memenuhi tujuan tersebut. Biasanya, tim peneliti bekerja sama dengan produser musik membuat lagu Weightless untuk digunakan sebagai terapi suara. Melodi, ritme dan komposisi lagu diatur dengan cermat untuk membantu memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar hormon stres pendengar.

Mengenai stres dan dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia, stres akan memperburuk atau meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, depresi, masalah pencernaan, asma dan banyak lagi. Selain itu, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard dan Stanford University telah menunjukkan bahwa stres akibat pekerjaan sendiri dapat menyebabkan lebih banyak kematian daripada diabetes, Alzheimer atau bahkan flu burung.

Agar bisa hidup sehat, menurut peneliti, tubuh dan pikiran harus punya waktu untuk rileks. Mendengarkan musik adalah cara sederhana untuk menghilangkan stres dalam hidup dan pekerjaan. Namun, Dr David Lewis-Hodgson mencatat bahwa meskipun Weightless efektif dalam mengurangi stres, beberapa wanita dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa mereka merasa mengantuk saat mendengarkannya. Jadi kita harus menghindari pendengaran saat mengemudi karena bisa berbahaya. ( Jamie K, Berbagai sumber)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *