Interview: Tentang Quality Time di #TerapiUrineShowShowShow

0
2704

19 April 2015, band lawak-grind Terapi Urine telah mengumumkan mereka akan menggelar sebuah pentas dengan mengambil tempat di kawasan Cibinong, Bogor. Lama tak tampil ugal-ugalan dan menghibur para penonton, aksi Terapi Urine memang kian ditunggu.

Tidak hanya komplotan lima pemuda pengocok perut ini saja yang akan menghajar panggung, mereka juga menghadirkan Kelelawar Malam, Cause, Total Jerks dan Vague untuk turut berpesta di gelaran #TerapiUrineShowShowShow yang dilafalkan dengan nada bicara a la talkshow Dorce Show.

Uda Joe, gitaris dari Terapi Urine berhasil dimintai beberapa keterangan oleh Gigsplay. Mengejutkan ketika mendengar kalimat-kalimat yang dilontarkan dirinya kali ini. Mitos pun terpecahkan, ternyata Terapi Urine masih bisa serius dalam menjawab pertanyaan.

Disini Uda Joe menurutkan tentang kenapa mereka membuat pentas #TerapiUrineShowShowShow, kondisi internal Terapi Urine yang saat ini antar personilnya dipisahkan oleh beberapa kota sampai apa itu arti quality time bagi Terapi Urine.

Namun, Terapi Urine tidak berubah total. Jawaban mereka yang diwakili oleh Uda Joe memang cukup serius, tapi tetap saja bagi mereka, kumpul bersama teman-teman sambil haha hihi adalah cara ampuh untuk menghindari serangan stroke pada usia dini.

– Terapi Urine kan sudah agak lama ya enggak tampil nih. Nah, di Terapi Urine Show Show Show, semacam mau dijadikan comeback gig gitu ? atau ada alasan lain kalian bikin gig ini ?

Sebenarnya bukan comeback show juga kok, ini alasannya lumayan banyak, hahaha. Jadi sekarang memang posisi Terapi Urine itu jadi band LDR (Long Distance Relationship), karena alasan yang macam-macam. Semua personil tinggal di kota yang berbeda beda. Kangen ? udah pasti iya.

Eh iya, boleh curhat sedikit nih ?

– Boleh dong, silahkan.

Jadi gue sempat tinggal di Lombok, Aris sama Qoi di Bandung dan Bogor, Toink di Tasikmalaya dan Yunendra di Jakarta. Pusing ngga sih ? hahaha. Jadi waktu itu Terapi Urine sempet jalan dibantuin sama Aldead (Caravan of Anaconda), dan gw absen cukup lama waktu itu.

– Walah, sulit juga ya berarti atur waktunya.

Ya lumayan sih. Nih lanjutin curhanya lagi deh. Setelah itu gue akhirnya ke Jakarta nyusul Yunendra dan kerja disini, sementara Toink masih di Tasikmalaya dan dia udah berkeluarga. Dibilang non aktif sih engga juga sebetulnya, kita semua masih sering kok hangout bareng meski enggak lengkap.

Ada yang ngontak buat ngajak main di gigs, terpaksa gue tolak, soalnya alasan gue lebih pribadi, gue lebih ngorbanin gigs untuk waktu Toink weekend balik ke Bandung buat ngabisin waktu sama anak istrinya.

Dibilang susah atur waktu pun sebetulnya engga terlalu sih, hahaha. Balik lagi alasannya lebih ke persoalan quality time.

– Tapi kalian masih semangat menjalankan Terapi Urine dengan kondisi tersebut ?

Passion buat brang breng brong mah enggak pernah redup walau semuanya sekarang beda kota. Waktu itu kita kan juga pernah bikin weekend tour ke Pekalongan dan Semarang bareng anak-anak Octopuz dan lainnya.

Kebayang lah itu, kita berangkat estafet dari Jakarta, ketemu lagi di Bandung, sampe akhirnya jemput Toink di Tasikmalaya. Langsung hajar Jawa Tengah lewat Pantura, hahahaha.

Baliknya buru-buru nguber waktu karena Seninnya udah kudu pada kerja lagi. Ya tapi kita tetap aja haha hihi aja. Capek dan buang-buang duit sih, hahaha.

Intinya kita mah kayak bakalan sampe bego brang breng brong kayak gini terus. Untungnya orang-orang terdekat support dan passion kita ngga pernah redup. Aduh, jadi serius gini ya gue, hahaha.

– Gapapa ah Uda Joe, jarang-jarang anggota Terapi Urine bisa serius. Eh iya tapi, obrolannya jadi agak deep gini, hahaha.

Jadi intinya, gig yang dibikin ini masih nyambung sama alasan-alasan itu, quality time.

– Jadi kayak semacam gig kangen-kangenan antar personil gitu dong berarti nih ? demi sebuah quality time yang berkualitas ? Tuh kan, gue juga jadi ikut-ikutan sok serius, hahaha.

Hahaha, walau kita band LDR yang jeprut yang enggak laku, daripada pusing nyari gig buat main disini disitu, mending bikin aja deh.

Intinya kita mau haha hihi sama teman-teman deh. Even itu harus buang-buang uang, tapi kan waktu yang berkualitas enggak akan pernah bisa dibayar sama uang kan.

Eh tapi enggak kangen-kangenan juga sih. Diluar nge-band kita mah masih sering ketemuan kok, hahaha.

– Oh iya, Terapi Urine kan lahir di Bandung nih. Kenapa kalian bikin show ini di Bogor ? bukan di Bandung ?

Iya, lahirnya sih di Bandung, tapi yang orang Bandung cuma Toink seorang, hahaha. Hmm, kalau menurut gue pribadi sih, intinya justru bukan di show-nya ya, tapi lebih ke ketemuannya itu.

Cibinong, Bogor, enggak kebayang aja kan kita bakal ketemuan di Cibinong.

– Berarti selain manggung, ada rencana seru-seruan lainnya dong nanti ?

Kita pinginnya sih sebelum acara ya nongkrong dulu, ngobrol-ngobrol dulu sama semuanya. Makan siang bareng kek, ke taman bareng, lari-larian ke pasar, nyeruput kopi, atau piknik rame-rame, hahaha.

– Terus, kenapa bikinnya dari siang ?

Sengaja itu, jadi antisipasi berangkatnya juga pasti agak pagian kan. Bisa santai dulu, acaranya juga beres enggak terlalu malam biar pada pulangnya enggak kemalaman. Besoknya kan pada kerja, hahaha.

– Nah, kalau untuk pemilihan band yang main, atas dasar apa tuh ? sebatas selera pribadi kalian aja ?

Kalau yang kita suka itu udah pasti iya. Awalnya sempat mau ajak Lets Go sama The Kuda. Tapi mereka berhalangan hadir. Kalau enggak salah, gitarisnya The Kuda nikah deh hari itu.

Tapi merekanya pada mau datang dulu, jadi beres acara bisa rame-rame deh ke kawinannya.

Niatnya sih dari line-up yang udah fix sekarang ini, ada Vague, Total Jerks, Cause sama Kelelawar Malam, sekarang tuh cuma pingin gimana supaya mood yang datang nanti tuh pas aja. Bisa diapresiasi dengan baik.

Kan genre-nya juga macam-macam, bukan sekedar bisa diapresiasi aja sih. Kalau bisa lebih kenal dekat lagi kan lebih asik, ya itung-itung nambah teman.

– Berarti ini pure dikerjakan oleh Terapi Urine dong ya ?

Ya kita kerjain bareng-bareng sih. Tapi porsi eksekutor yang lebih banyak tuh si Aris dan Qoi. Gue mah lebih ke ide aja. Anak anak suka pusing kalau gue ada ide ini itu, begitu juga mereka, idenya suka ada-ada aja.

– Hahaha, oke-oke. Buat penutup nih, kasih alasan dong kenapa orang-orang mesti datang ke Terapi Urine Show Show Show ini ?

Ya buat haha hihi aja lah. Pokoknya mah kiamat sudah dekat, isi hidup sama haha hihi aja lah. Jangan serius-serius amat, nanti cepet kena stroke loh.

Kita bisa apresiasi semuanya dan semoga bisa ngerasain quality time yang baik. At least, buat diri sendiri. Hahahaha, keseriusan banget sih ini jawabnya mah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here