Connect with us

New Tracks

BUZZ & Realitas “Semburat” Sekitar Kita

Published

on

Buzz
Photo by @takutdymassa 2

Lama mendekam di dalam studio, BUZZ akhirnya merilis sebuah single kedua yang bertajuk “Tanah Semburat”. Dilepas dalam format video lirik, rilisan teranyar trio Grunge Malang ini sudah bisa dinikmati di kanal resmi YouTube mereka mulai tanggal 13 Mei 2020. “Tanah Semburat” dan juga “Berdosa”—single pertama mereka— akan masuk pada debut album BUZZ yang dirilis pada tahun ini.

Tanah Semburat“Tanah Semburat”, sesuai judulnya, berkisah tentang kondisi sekitar yang semakin hari semakin “semburat” alias kacau, baik di linimasa maupun di dunia nyata. “Pandemi ini bener-bener bikin runyam sekitar. Bayangin, kita itu kayak disuruh saling curiga terhadap sesama,” tutur Naufal, gitaris sekaligus frontman unit ini, “Belum lagi ditambah isu kriminalitas yang semakin meningkat di mana-mana. Dan di atas itu semua, roda perekonomian kita kayak bener-bener mati gara-gara wabah ini.”

Melanjutkan pendapat Naufal, Uzed sang drummer menambahkan, “Mau beranjak ke linimasa, ternyata sama brengseknya. Ngeliat orang perang opini, saling tuduh, saling hina, fafifu. Gila! Kayak gak ada ruang buat sehari aja ngerasa aman dan nyaman.”

Berbagai keresahan itupun mereka terjemahkan dalam sebuah trek Grunge yang kotor, raw, serta meledak-ledak. Segala proses kreatif mulai dari penulisan hingga rekaman dilakukan di kamar Naufal. Setelah melalui berbagai macam revisi dalam aransemen, trek ini kemudian di-mixing dan di-mastering oleh Rizqsany sebelum kemudian dirilis secara resmi ke hadapan khalayak.

Dari segi visual, single ini juga menyertakan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tercatat ada PUCATPENA yang bertugas merancang artwork untuk “Tanah Semburat”. PUCATPENA sendiri adalah seorang visual artist telah banyak membuat artwork berbagai band, baik dalam maupun luar Indonesia. Karya-karyanya pernah menghiasi rilisan Frontxside (Makassar), Tamra (Jakarta), Matiasu (Jakarta), hingga The Galactoids (USA) dan Con (Asutralia).

Sedangkan video lirik lagu ini digarap oleh studio animasi DOGMOTHER. Sebelum “Tanah Semburat”, mereka telah menghasilkan karya audiovisual berbagai band sekitar. Tercatat ada The Old Pines (Sidoarjo), Kingdom (Bali), dan Noe Maahury (Ambon) yang pernah bekerja sama dengan kolektif ini.

Tanpa perlu berlama-lama, silakan cek rilisan terbaru dari BUZZ di bawah ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *