Fun Facts; Arcade Fire

0
1857

Chris Martin (Coldplay) pernah mengungkapkan bahwa Arcade Fire adalah “the greatest band in history”.

Album pertama Arcade Fire yang berjudul Funeral menjadi album yang mendapatkan respon terbanyak penggunaan stilah ‘modern classic’.

Album Funeral ini juga terdaftar di buku “1001 Albums You Must Hear Before You Die”.

Lagu “Rebellion (Lies)” terdaftar sebagai “500 Greatest Songs Since You Were Born”.

Win Butler (lead vocal) dan William Butler (multi-instrument) itu merupakan saudara dan Win Butler menikah dengan Régine Chassagne (co-vocal/multi-instrument).

Violinist Sarah Neufeld dan multi-instrument Richard Reed Parry selain di Arcade Fire juga tercatat sebagai anggota kelompok musik post-rock, Bell Orchestre.

Tim Kingsbury (bass, multi-instrument) tercatat tidak hanya bermain bersama Arcade Fire, tetapi juga dengan band-band seperti Wolf Parade, Clark the band, The New International Standards.

David Bowie pernah tampil bersama Arcade Fire membawakan lagu “Wake Up” di acara Fashion Rocks di New York pada tahun 2005. Rekaman kolaborasi ini dikenalkan kepada publik selama 1 minggu secara eksklusif di iTunes, dengan keuntungannya untuk sumbangan korban badai Katrina saat itu.

Arcade Fire juga pernah bekerja sama dengan NFL pada tahun 2010 untuk lisensi dari single “Wake Up”. Keuntungannya disumbangkan untuk bantuan sosial di Haiti yang kebetulan adalah kampung halamannya Régine Chassagne.

Lagu “Wake Up” direkam ulang untuk digunakan di trailer film “Where the Wild Things Are”.

Album Funeral menjadi album dengan penjualan tercepat selama sejarah perjalanan 15 tahun Merge Records.

Album The Suburbs memenangkan Grammy pada tahun 2011 untuk “Album of the Year” juga memenangkan Brit Award pada tahun 2011 untuk “Best International Album”.

The Suburbs dirilis dengan 8 cover design yang berbeda.

Pada bulan Maret, tahun 2007, Arcade Fire pernah membatalkan 9 jadwal panggung di Eropa karena Win Butler masalah kesehatan sinus dan bronchial.

Lagu “No Cars Go” yang terdapat di album “Neon Bible” juga terdapat di EP mereka pada tahun 2003, Arcade Fire EP.

Arcade Fire pernah tampil membawakan lagu “Maps” milik Yeah Yeah Yeahs, dan lagu “This Must Be the Place (Naïve Melody)” milik Talking Heads.

Pernah muncul di komik online yang berjudul “Achewoord”.

Pada tahun 2005, di Montreal, Arcade Fire bersama U2 pernah tampil bersama membawakan lagu “Love Will Tear Us Apart Again” milik Joy Division.

Manager Arcade Fire merupakan manager Bjork juga.

Win Butler dan Régine Chassagne menjadi penanggung jawab untuk penulisan departemen musik di film The Box, pada tahun 2009.

Win Butler merupakan supporter Barack Obama. Arcade Fire pun pernah mengadakan 2 konser gratis pada tahun 2008 sebagai bagian dari kampanye.

Arcade Fire merupakan salah satu band yang rajin dengan gerakan donasi dan kampanye sosial.

Kurang lebih ada 16 instrument yang dimainkan secara bergantian oleh setiap anggota personel Arcade Fire. Semua instrument tersebut selalu dibawa di setiap tour-nya.

Win Butler dan Régine Chassagne pertama kali bertemu di McGill University pada tahun 2000 dan menikah pada tahun 2003.

Lagu yang pertama kali ditulis oleh Win Butler dan Régine Chassagne pada tahun 2002 adalah “Headlights Look Like Diamonds”.

Album ke-4 Arcade Fire yang berjudul Reflektor menjadi album yang banyak didaftarkan sebagai album terbaik tahun 2013, album ini diproduseri oleh James Murphy (LCD Soundsystem).

Album Reflektor memiliki strategi yang terencana selama proses perilisannya. Album ini dirilis melalui strategi guerrilla marketing campaign.

Album Reflektor ini melibatkan 17 additional musician dan 17 recording personnel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here