Connect with us

Featured

HINDIA Merilis Single “RAMAI SEPI BERSAMA” Dengan Konsep #WFH

Published

on

Hindia

“Ketidak pastian yang semakin hari kian kuat dan pengharapan akan keadaan yang lebih baik, selama apapun Ia harus ditunggu.”

HIndiaUngkapan itu sangat pas untuk menggambarkan single terbaru Baskara Putra, dengan moniker Hindia yang dikerjakan bersama dengan produser Rayhan Noor -yang sekaligus juga gitaris Hindia & Lomba Sihir, band pengiring Hindia saat live- selama masa karantina di rumah saja, karena pandemi Corona yang disebabkan virus Covid-19 ini.

Masih memiliki nuansa yang masih satu nafas dengan album perdananya Menari Dengan Bayangan yang dirilis akhir 2019 kemarin, kita akan menemukan kembali ramuan musik Pop khas ala Hindia. Dengan musik bertempo sedang yang terdengar simpel tapi sesungguhnya terdiri dari banyak layer. Plus terasa begitu positif, baik dari pemilihan kord dan progesinya yang membalut dengan hangat lirik sentimentil yang digumamkan olehnya:

“Saat semua tak jelas arahnya / Kita hanya punya bersama / Lewati curam terjalnya dunia / Ramai sepi ini milik bersama”

“Ramai sepi ini milik bersama / Kita sama-sama takkan kemana / Selama kau ada, aku tak apa /Apapun yang terjadi tidak apa”

Lagu ini lahir dari kerja sama Hindia dengan IM3 Ooredoo dalam rangka kampanye bulan Ramadhan yang dikerjakan di masa karantina awal. Saat Baskara dengan Rayhan ingin mencoba lebih produktif dengan menangkap apa yang dirasakan dalam bentuk lagu.

“Sekalian itung-itung latihan, produksi dan songwriting. Dan waktu ada kesempatan, dan momen yang pas, akhirnya ada alasan kuat untuk dirilis sekalian. Ngga cuma bikin lagu aja”, ujar Baskara menjelaskan.

Produksi lagu ini pun berbeda dengan yang sudah-sudah, karena Baskara mengerjakan lagu ini bersama Rayhan dengan nihil tatap muka dan 100% work from home, alias dari rumah mereka berdua masing-masing. Hal yang sama juga terjadi dalam saat proses rekaman musisi tambahan hingga ke mixing dan mastering. Semua dilakukan via jalur maya alias mengandalkan koneksi internet.

Dengan dirilisnya singel baru di tengah pandemi ini harapan Baskara tidak muluk-muluk,

“Mungkin lagu ini sekiranya bisa jadi token kecil yang bisa nemenin kawan-kawan lain yang harus menjalani karantina ini dengan berbagai rintangannya masing-masing, baik di rumah atau jika terpaksa masih harus keluar rumah.”

Berbicara tetap waras di rumah, Baskara sendiri mengandaikan kondisinya cukup waras di era karantina ini.

“Saya udah mengurang-ngurangi diri bersinggungan dengan berbagai faktor yang bisa bikin stress, seperti misalnya ngurangin aktifitas waktu layar di media sosial dan bacain komentar orang. Karantina ini punya tantangannya sendiri juga, tapi saya bersyukur punya orang-orang terdekat yang peduli satu sama lain dan mau saling mendengarkan di masa-masa sulit seperti ini.”

Hikmah lainnya dari karantina ini adalah Baskara belajar musik lagi dari dasar. Baik itu piano, gitar dan vokal. Sedangkan yang di luar musik adalah dengan bercakap via dunia maya untuk mendengar suara kawan-kawan selain orang rumah agar tidak terlalu merasa terasa terisolasi.

Selain singel ini nampaknya karantia justru membuat Baskara tetap aktif dan produktif baik itu sebagai Hindia atau .Feast. Karena saat ini masih ada beberapa agenda di dalam kalender kerja mereka. Yang pasti tidak akan terburu-buru, menunggu waktu yang pas saja. Seperti halnya singel “Ramai Sepi Bersama” ini. (Anto Arief)

Credits
Written by Baskara Putra & Rayhan Noor
Produced and arranged by Rayhan Noor
Performed by Baskara Putra, Rayhan Noor, & Wisnu Ikhsantama
Mixed and Mastered by Wisnu Ikhsantama at Soundpole

About Hindia
Phone : +62 812 8815 2020 (Melina)
Email : [email protected]
Instagram : @wordfangs
Twitter : @wordfangs
Youtube : Hindia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *