Connect with us

Articles

Para Musisi Yang Juga Hobi Bermain Skateboard

Published

on

Musik dan skateboard merupakan dua elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup saat ini. Kedua industri ini berkembang sangat pesat dan berkesinambungan. Bermain skateboard tanpa backsound yang cocok, rasanya kurang menarik, begitu pula ketika para musisi menciptakan lagu-lagu dengan tema kehidupan dunia skateboard.

Beberapa contoh riil dari hubungan antara musik dan skateboard bisa dilihat melalui salah satu brand sepatu tersohor di dunia, Vans. Reputasi Vans sebagai sepatu dengan waffle paling cocok untuk bermain skateboard sudah diakui oleh banyak kalangan. Merekapun menjalin kerjasama dengan band-band ikonik dunia semacam Slayer, Metallica, Suicidal Tendencies, Descendents, Bad Brains, dan masih banyak lagi.

Juga banyak lagu yang diciptakan oleh beberapa band hardcore punk untuk menemani kalian bermain skateboard. Siapa yang tidak ingat dengan bait legendaris ‘I was surfer, I had a skateboard‘ pada lagu “Wasted” milik Black Flag ? atau soundtrack skateboard sedunia berjudul “Possesed to Skate” dari Suicidal Tendencies yang dilantunkan dengan lantang oleh Mike Muir, seorang anggota asli Dogtown Z-Boys, salah satu komunitas pertama di Amerika yang mengembangkan budaya skateboard.

Hingga akhirnya muncul sebuah sub-genre dari musik punk rock yang bernama Skate Punk lewat band-band seperti Lagwagon, JFA, No Fun At All, FIDLAR, dan beberapa lainnya. Hampir sebagian besar para personil band ini adalah pemain skateboard di wilayahnya masing-masing. Bahkan band Millencolin asal Swedia mengaku terinspirasi dari nama trick dalam bermain skateboard, Melancholy, dalam pemberian nama band mereka.

Dan dalam kesempatan kali ini, Gigsplay akan memberikan sedikit informasi tentang siapa-siapa saja musisi ternama dunia yang ternyata memiliki hobi bermain skateboard. Penasaran akan siapa saja mereka ? Langsung simak nama-nama tersebut dibawah sini.

1. J. Mascis (Dinosaur Jr.)

Pendiri grup band alternatif rock Dinosaur Jr. ini adalah musisi dengan kecintaan pada dunia skateboard yang tinggi. Sejak awal berkarir, lagu-lagu dari Dinosaur Jr. sering digunakan dalam video campaign dari brand skateboard Alien Workshop. Bahkan, hingga saat ini hubungan baik antara J. Mascis dengan Alien Workshop masih terjalin dalam beberapa proyek kolaborasi.

foto: skaterock.cz

foto: skaterock.cz

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Ian MacKaye (Minor Threat, Fugazi)

Dalam Library of Congres tahun 2013 lalu yang digelar di Washington D.C, Ian MacKaye sempat berujar, “Skateboard bukanlah sekedar hobi. Juga bukan sebatas olahraga. Skateboard adalah cara untuk belajar mendefinisikan dunia di sekitarmu. Sebuah jalan untuk keluar rumah, menghubungkan sesama manusia, dan melihat dunia melalui sudut pandang yang berbeda.” ungkap bapak straight edge sedunia ini disana.

foto: doublecrossxx.com

foto: doublecrossxx.com

 

 

 

 

 

3. Jeff Ament (Pearl Jam)

Menjadi brand ambassador sepatu Vans untuk proyek kolaborasi Vans x Pearl Jam nampaknya menjadi bukti bahwa Jeff Ament adalah seorang skateboarder sejati. Jeff Ament juga membangun sebuah skatepark di tanah kelahirannya di wilayah Big Sandy, Montana, karena Jeff percaya disana banyak sekali skateboarder yang memiliki potensi luar biasa.

foto: earthpatrolmedia.com

foto: earthpatrolmedia.com

 

 

 

 

 

 

 

4. James Hetfield (Metallica)

Siapa yang menyangka bahwa ternyata James Hetfield sebetulnya memiliki hobi bermain skateboard. Namun, di tahun 1986, ketika demam skateboard sedang melanda seantero Amerika Serikat, James Hetfield mengalami cedera serius di lengannya karena hobi tersebut. Dianggap membahayakan bagi karirnya bersama Metallica, akhirnya manajemen Metallica melarang James untuk bermain skateboard lagi.

James Hetfield juga sempat muncul di game skateboard Tony Hawk’s Pro Skater HD “Revert”.

foto: browardpalmbeach.com

foto: browardpalmbeach.com

 

 

 

 

 

 

5. Toby Morse (H2O)

Sangat mencintai skateboard membuat Toby Morse yang merupakan vokalis dari grup punk rock H2O berani menurunkan hobi olahraga ekstremnya ini kepada sang anak, Max. Dedikasinya juga ia lanjutkan bersama organisasi tentang gaya hidup bebas narkoba yang ia dirikan, One Life One Chance, dengan merilis sebuah papan skate bertuliskan “One Life One Chance, Positive Mental Attitude”.

foto: onelifeonechance.com

foto: onelifeonechance.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Nate Newton (Converge/Doomriders)

Gitaris band Doomriders dan bassist dari Converge ini juga merupakan salah satu musisi yang menggilai skateboard. Nate Newton sudah bermain skateboard semenjak usianya masih menginjak lima tahun di tahun 1980. Tempat favoritnya bermain skateboard adalah sebuah skatepark di Wichita, Texas.

foto: ghettoblastermagazine.com

foto: ghettoblastermagazine.com

 

 

 

 

 

 

 

7. Rekti Yoewono (The S.I.G.I.T)

Satu nama terakhir datang dari dalam negeri. Rektivianto Yoewono atau yang lebih akrab dikenal dengan Rekti The S.I.G.I.T mengaku sudah bermain skateboard semenjak duduk di bangku sekolah menengah. Rekti juga mengatakan bahwa skateboard sedikit banyak mempengaruhi dirinya dalam bermain musik.

Biasanya sebelum main skateboard, dengar lagu dulu. Dengar lagu Black Flag, The Clash, Sex Pistols, biasanya jadi pingin main skateboard. Setelah dengar lagu itu jadi merasakan adrenalin dan ingin menyalurkannya lewat main skateboard.” Rekti memberi penjelasan kepada Holiday Route, sebuah rumah produksi independen yang fokus pada dunia skateboard lokal.

foto: Luckyline Skatepark

foto: Luckyline Skatepark

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.