Connect with us

Articles

5 Lagu yang Terinspirasi oleh Karakter Film

Published

on

Musik sudah menjadi salah satu bagian penting di industri film. Berbagai pengaruhnya dalam pembentukan suasana dan emosi dalam adegan-adegan film mampu terbentuk dengan sempurna melalui musik yang mengiringinya. Musik berperan begitu besar dalam sebuah film, gerakan demi gerakan, adegan demi adegan menjadi begitu kuat dan nyata ketika dilengkapi oleh musik.

Ternyata, ada hal yang menarik dari hubungan ini. Film yang memiliki banyak adegan, membentuk sebuah peristiwa, kejadian dan lain sebagainya, ikut memberikan inspirasi pada terciptanya musik-musik tertentu.

Tidak hanya itu, beberapa karakter yang ada di sebuah film, yang menggambarkan sebuah watak, perasaan, reaksi, gaya, dan lain-lain pun mampu menyita perhatian musisi untuk menciptakan sebuah musik. Karakter dalam perfilman memengaruhi juga seseorang untuk membangunnya ke dalam bentuk karakter format audio, yaitu musik.

Gigsplay mencoba untuk mengumpulkan dan menyusun lagu-lagu yang terinspirasi oleh karakter-karakter di film. Lagu-lagu yang tercipta ini menceritakan tentang karakter-karakter fiksi yang (mungkin) hanya ada di film saja. Begitu besarnya pengaruh hubungan antara film dan musik ini membuat hubungan di antaranya saling terikat.

 

Forrest Gump oleh Frank Ocean

Lagu yang terinspirasi dari karakter Forrest Gump dari film Forrest Gump ini dirilis oleh Frank Ocean di album perdananya yang berjudul Channel Orange. Lagu “Forrest Gump” ditulis dengan gaya dan perspektif sebuah surat cinta. Di lagu ini pun ditampilkan sebuah narasi dari film dan dengan gaya bernyanyinya Frank Ocean ini tampak menjadi sebuah karakter yang manis.

 

Ben oleh Michael Jackson

Lagu “Ben” merupakan lagu yang membawa Michael Jackson mendapatkan perhatian yang besar dari publik untuk proyek solonya bahkan mendapatkan Golden Globe Award juga mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Best Song. Lagu “Ben” terinspirasi oleh karakter tikus peliharaan yang bernama Ben di film berjudul sama. Michael Jackson membawakan lagu “Ben” begitu soulful dan mengedepankan tentang persahabatan.

 

Ordinary Day oleh Vanessa Carlton

Lagu “Ordinary Day” ditulis oleh Vanessa Carlton pada usia 17 tahun. Lagu ini terinspirasi dari karakter Peter Pan di film Walt Disney’s Peter Pan tahun 1953. Melihat waktu penulisan lagu ini, Vanessa Carlton mengangkat memori indahnya saat kecil. Meskipun dari segi lirik tidak tersurat ada kata Peter Pan, namun tersirat menceritakan tentang Peter Pan.

 

The Union Forever oleh The White Stripes

Lagu ini terinspirasi oleh karakter Charles Foster Kane yang muncul di film Citizen Kane. “The Union Forever” dirilis pada tahun 2001 dan menjadi bagian dari album ke-3 milik The White Stripes. Penulisan lagu ini disamping terinspirasi oleh karakternya namun juga Citizen Kane merupakan film favorit bagi mereka.

 

Mrs. Robinson oleh Simon & Garfunkel

Lagu “Mrs. Robinson” sangat terkenal dan secara massive menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan disebut-sebut lagu ini lebih terkenal daripada filmnya. Lagu ini diambil dari karakter Mrs. Robinson di film The Graduate.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *