Connect with us

Music News

Diskusi Dan Bedah Album Akan Ramaikan Cassette Store Day Chapter Yogyakarta

Published

on

Cassette Store Day 2023 chapter Yogyakarta

Cassette Store Day (CSD) adalah sebuah acara internasional tahunan untuk merayakan keberadaan rilisan musik yang berbentuk fisik dalam hal ini berupa kaset pita/tape. Salah satu tujuan perayaan yang terinspirasi oleh Record Store Day ini adalah mengembalikan format kaset ke toko-toko dan membuatnya relevan kembali. CSD juga bekerja sama dengan label untuk memberikan alternatif online kepada pecinta musik untuk mendapatkan rilis eksklusif jika tidak ada acara atau pertunjukan di tempat mereka.

Sejak pertama kali diadakan pada 7 September 2013, CSD telah menyebar secara internasional, mengadakan berbagai acara di banyak kota di seluruh dunia. Pada hari tersebut dipertemukanlah records label, toko/lapak musik, band/musisi serta penggemar rilisan fisik khususnya yang berbentuk kaset tape dalam sebuah venue. Tentunya di masing masing kota yang menyelenggarakan termasuk dalam hal ini kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh kolektif Jogja Record Store Club.

Cassette Store Day chapter Yogyakarta adalah sebuah kegiatan offline yang diinisiasi kolektif Jogja Record Store Club yang sudah diselenggarakan beberapa kali. Selain merupakan social gathering, kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain bazaar rilisan fisik dari toko rilisan fisik se Jogja dan Jawa Tengah, diskusi, juga record label atau band yang merilis album kaset spesial pada hari tersebut.

Di event ini, Rexxar – Crimson Throne EP akan dirilis perdana dalam format kaset. Rexxar sekaligus akan menjadi pengisi diskusi bersama Desta (Musik Jogja) sebagai moderator pada hari pertama. Sementara hari kedua diskusi akan diisi oleh Hari Prakoso dengan DeBarBar, sebuah program mendengarkan dan membedah sebuah rilisan album.

Sebagai hiburan, pengunjung akan ditemani dengan lagu – lagu pilihan dari figur yang berada dibalik kemunculan skena musik Punk, Rockabilly dan seni tattoo modern di Indonesia, Athonk (Sapto Raharjo). Sesi lelang kaset juga akan digelar untuk meramaikan acara dengan beberapa rilisan langka yang siap dilepas dengan harga yang sesuai tentunya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *