Connect with us

Featured

Foo Fighters Umumkan Album Baru, ‘Sonic Highways’

Published

on

Pekan lalu Foo Fighters mengisyaratkan judul album kedelapan melalui jejaring sosial Facebook dan video delapan detik berisi teriakan “All Riiiiise.” Kini Dave Grohl, Nat Mendel, Taylor Hawkins, Chris Shiflett, dan Pat Smear mengumumkan judul rekaman anyar mereka, yaitu Sonic Highways.

Lewat situs resminya, unit asal Seattle yang terbentuk pada 1994 ini juga mengenalkan susunan lagu dalam album yang berisi delapan lagu. Sonic Highways berdurasi 44 menit dan diproduseri bersama Butch Vig. Album pertama sejak Wasting Light (2011) ini akan dirilis pada 10 November 2014 dan sudah tersedia untuk dipesan. Edisi piringan hitam 180gr menampilkan sembilan buah sampul berbeda, yang terdiri dari masing-masing satu sampul yang mewakili tiap kota, serta sampul yang terdapat di album.

“Album ini mudah dikenali sebagai album Foo Fighters, tapi ada sesuatu yang lebih dalam dan lebih musikal di dalamnya,” tutur Grohl dalam pernyataan resmi, via Rolling Stone. “Tiap-tiap kota dan orang-orang ini mempengaruhi kami untuk berkembang dan mengeksplorasi teritori baru tanpa kehilangan sound kami.”

Kendati judul album sama dengan proyek dokumenter Grohl, album ini bukanlah soundtrack serial yang tayang di HBO itu. Foo Fighters juga melepas video Grohl membuat tattoo di lengannya bertuliskan “In the end, we all come from what’s come before” dengan simbol infinity.

Sonic Highways akrab dengan nomor delapan. Juni lalu, Grohl berkata kepada Rolling Stone bahwa album ini akan berisi delapan lagu, direkam di delapan kota berbeda, dan proses pembuatan album ini diabadikan dalam proyek dokumenter berjudul serupa, yang terdiri dari delapan episode; episode pertama tayang pada 17 Oktober mendatang.

Tadinya, Grohl sempat berencana merekam album ini di berbagai kota internasional. Namun ia mengakui bahwa hal tersebut “sangat tidak memungkinkan secara finansial”. Sosok berusia 45 tahun itu sendiri sudah cukup bahagia tentang bagaimana keluarnya Sonic Highways.

“Kami adalah band Amerika. Kami tidak akan menjadi band yang seperti ini jika tidak karena tiap-tiap kota dan musiknya,” pungkas Grohl.

Sonic Highways:

1. Something From Nothing

2. The Feast and the Famine.

3. Congregation

4. What Did I Do?/God as My Witness

5. Outside

6. In the Clear

7. Subterranean

8. I Am a River

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *