Connect with us

New Tracks

“Hingar Bingar” Adalah Single Pertama Reaksi Menuju Album Mini Mendatang

Dipublikasikan

pada

Reaksi

Reaksi, kuartet rock asal Jakarta, menghidupkan kembali keresahannya lewat single terbaru “Hingar Bingar” yang dirilis melalui label rekaman demajors dalam format digital pada 24 November 2023. Reaksi adalah Garry Eben (vokal, gitar), Marwan Gumulya (gitar), Teuku Rafiki (drums), dan Gadiel Pasaribu (gitar bas). Sebelumnya di tahun 2019, Reaksi sempat merilis album mini bertajuk Grunch bersama label Rekaman Pots.

Hingar Bingar “Hingar Bingar” adalah single pertama menuju album mini mendatang, #1: Perayaan Problematika. Secara musikal Reaksi menunjukan pembaruan gaya berekspresi, dengan hadirnya keteraturan bunyi, eksekusi yang ketat, dengan tenaga yang terkelola untuk mendorong hook catchy dan kualitas anthemic yang memikat. Semua itu tetap terjadi di dalam jalur tradisi musik rock yang agresif.

Berbeda dengan produksi swadaya yang mewarnai rilisan sebelumnya, kali ini Reaksi bekerja sama dengan Zata Mikail (Murf) sebagai produser sekaligus sound engineer. Sosok Wisnu Ikhsantama (eks Lomba Sihir, Glaskaca, Dunia) juga turut andil lewat kerja mastering rekamannya.

Artwork “Hingar Bingar” dikerjakan langsung oleh sang pemain bas, Gadiel Pasaribu, yang secara gaya mengingatkan pada ilustrasi komik klasik Amerika. Didominasi dengan warna cerah, dengan sosok utama badut pesakitan, mencerminkan narasi konflik kebaikan dan kejahatan, yang juga selaras dengan gagasan alter ego para personil Reaksi.

“Hingar Bingar” merupakan curahan perasaan tentang sebuah fase keterpurukan dalam proses kehidupan manusia. Semua orang memiliki pergumulan hidupnya masing-masing, yang di dalam proses pertempurannya akan datang waktu di mana ia harus memilih untuk terus berjuang atau menyerah saja.

Dalam single ini, Reaksi mencoba menyajikan musik alternative rock dengan spektrum gaya musikal yang lebih luas.

Lagu ini kami kemas tetap dengan beat yang menghentak, bahkan mungkin hampir bernuansa marching, namun dengan chorus yang nada vokal dan riff gitar-nya terdengar lebih melodius, lebih catchy dan mudah dicerna. Di lagu ini pun riff gitar dibuat tidak terlalu heavy namun lebih bluesy,” jelas Marwan, sang gitaris.

Single “Hingar Bingar” bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital di antaranya Spotify, Apple Music, Joox, Resso, YouTube Music, dan Deezer sejak 24 November 2023.

Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *