Interview: Tetangga Pak Gesang Kolaborasi Bareng Slank

0
3538

Kabar datang langsung dari Tetangga Pak Gesang lewat cerita Arum yang bertemu saat lazy hiking club berlangsung di Bandung. Arum dengan riang menceritakan rencana kolaborasi dengan Slank malam nanti, 5 November 2014 di sebuah pertunjukan besar di Jakarta.

Malam tadi (4 November 2014) Gigsplay langsung mencoba menghubungi Arum untuk berbincang-bincang menanyakan tentang proyek kolaborasi ini. Tetangga Pak Gesang merupakan duo (wanita) yang terbentuk pada tahun 2013 di Bandung terdiri dari Arum Tresnaningtyas yang memainkan ukulele sambil bernyanyi ditemani oleh Meicy Sitorus yang sesekali meniup kazoo memainkan musik-musik klasik yang merdu.

Ternyata, keunikan Tetangga Pak Gesang baik itu dari segi musikalitas, penampilan hingga konsep yang diusung bisa menarik perhatian Slank untuk mengajaknya berkolaborasi langsung di atas panggung. Kita simak wawancara Gigsplay dengan Arum di bawah ini.

Awalnya gimana cerita kolaborasi Tetangga Pak Gesang dengan Slank ini, Rum?

Hmm, kira kira 3 minggu lalu ya, kita dikontak via telpon gitu sama manajemennya Slank. Awalnya dikirain becanda.

“Halo dengan Tetangga Pak Gesang?”

“iya”

“ini dari manajemen Slank”

Trus aku cuma jawab “Kaka Slank?” Hahaha. Ya intinya mereka ngajakin kolaborasi untuk konser Revolusi Bunga besok (5 November 2014) terus nanyain kesediaan kita, ya terus lanjut ngasih tahu detil info lainnya kaya jadwal latihan dan lainnya.

Nanti kalian bawain lagu apa?

Kita sih disuruh nyanyi satu lagu mereka yang “Kirim Aku Bunga”. Kalo lihat jadwal sih harusnya dua kali latihan, pertama tanggal 27 Oktober sama tanggal 3 November, tapi yang tanggal 27 batal.

Jadi cuma persiapan 1 kali latihan nih?

Iya jadi cuma latian kemarin doing, jadi ini sih masih ser seran buat nanti malam, hahaha. Tahu sendiri kan kita cupuu. Bukan musisi. Sedih

Halah…

Tapi besok ada GR, kemarin juga masih rada blank, mana lagunya kan kalo dinyanyiin suara cewek tinggi banget atau rendah banget

Selain kalian, siapa lagi yang diajak kolaborasi?

Ternyata yang diajakin kolaborasi ada beberapa, ada Mbak Oppie, sama Kak Imel Ten to Five juga, selain itu juga ada pemain biola cewek , tapi gak tau namanya.

Kolaboratornya perempuan semua ya

Kalo cerita dari promotornya sih acara ini emang didedikasikan buat perempuan Indonesia, makanya ngajak kolaborasi sama cewek-cewek

Oooh..tapi di lagu “Kirim Aku Bunga” ini Slank hanya kolaborasi dengan Tetangga Pak Gesang?

Iya

Rum, ceritain dong proses latihannya?

Latian sih kemarin sore, cuma nyobain beberapa kali aja sih sendiri, maksudnya terpisah ga bareng Slank. Terus kalo pas latihan itu yang ngasih komando si Bim Bim, komandoin kita disuruh nyanyi di part awal sama ada di bagian reff, selebihnya sih barengan. Nah pas latihannya itu, grogi gitu deh haha. Karena pas masuk studio juga sebenernya kita langsung panik.

Hahahaha.. Oh jadi emang part atau aransemennya udah ditentuin ama Slank ya?

Sebenernya belom sih, baru dibikin kemarin pas langsung latihan. Kita mah ngikut aja, mana kuncinya salah-salah, belum hapal. Akhirnya diajarin dulu sama Ridho, duh maluu

Oh yah? hahaha…Eh, kalian itu emang Slanker ya?

Pokoknya, Slank itu lagu pertama kali belajar main gitar, jaman masih SMP. “Kuambil gitar dan mulai memainkaan, lalalalala”. Kalo dengerin Slank sih cuma sampe album ‘ketujuh’ kalo gak salah, makin kesini gak suka sebenernya, haha. Tapi tetep aja band ini keren sih. Ya biasanya kan denger lagu dari kaset atau MP3, kemarin kita dengerin mereka live, terus kita seneng cengar-cengir

Ceritanya gimana tuh bisa menemukan Tetangga Pak Gesang?

Cerita dari Bim Bim sih, si kaka yang pengen ngajakin kita. Dia liat Tetangga Pak Gesang di Youtube atau Soundcloud gitulah

Sejauh ini gimana progress latihannya?

Pasti rada kecewa sih mereka ngeliat kita pas di studio salah-salah haha. Soalnya lagunya karakternya kurang pas juga sih sebenernya. Tapi baik-baik kok mereka, ramah. Jadi pasti bisa sih hihihi. Cuma ngerasa cepet banget proses latiannya, jadi kurang gimana gitu

Iseng nanya ga, alasan ngajak kalian?

Belum sempet euy. Kemarin cuma dikasih tahu, Kaka dengerin kita di Soundcloud dan kayaknya seru ngajakin kita. Tapi belum nanya detil sih. Besok ah.

Ada persiapan khusus ga dari kalian untuk pertunjukan nanti?

Aduh, gak ada sih hahaha. Tapi tadi kita sempet latihan lagi sih, kemarin kita direkamin latihannya, suruh didengerin di rumah. Jadi tadi latihan sambil dengerin rekaman kemarin. Kalo kostum seperti biasa aja, kalo maen kan kita suka pake baju baju vintage, ya nanti kita pake baju dress vintage

Nervous pasti dong ya?

Biasanya emang gitu sih, yah santai aja sih sekarang. Gak tahu nanti malem, hahahaha. Pokoknya cupu deh kita

Cupu gimana sih?

Antara senang tapi malu juga sebenernya dengan skill permusikan yang sangat ala kadarnya ini, tapi kapan lagi yak diajakin maen sama Slank, makanya hajar aja, lumayanlah, minimal bisa foto bareng, wahahahaha. Bukan sekedar tampilnya juga sih sebenernya, banyak hal yang bisa dipelajari

Eh, kolaborasi ama Slank ini udah ngasih tau keluarga belum?

Belum sih, haha. Nanti malem aja. Tapi kalo keluarganya Meicy udah pada tau tuh soalnya kan tinggal sama orang tua. Mereka pada hebooh gak jelas hahaha. Jadi setiap teman ato keluarga yang tau pada heboh sendiri, lebih heboh dari kita

Hahaha.

Jadi dulu sempet ya aku liat di Soundcloud ada notifikasi likes dari akun Kaka, terus aku bilang Meicy , eh tuh si Kaka ngelikes lagu-lagu kita, terus tiba tiba follow Twiter juga. Trus becandaan, wah sebentar lagi kita nongkrong di potlot nih

Di-follow back ga?

Ya iyalah pasti di folback

Berkunjung ke Potlot, gimana tuh perasaannya…banyak inspirasi pasti

Seru tempatnya, homey banget. Tapi ya karena baru maen pertama kita agak canggung juga, kayaknya siapa aja yg maen kesitu disambut kok, mereka semuanya ramah.

Si Kaka ini berarti rajin cari referensi baru ya..

Sepertinya, bisa-bisanya dia menemukan Tetangga Pak Ge-slank. Cuma Kaka sepertinya lagi demen maen ukulele juga. Mungkin itu juga pertimbangannya

Eh Rum, ada perubahan visi ga untuk bermusik bareng Tetangga Pak Gesang ini?

Gak sih kayaknya, masih tetep kayak dulu aja, ya musik mah buat seneng aja, bukan buat kerjaan, menyadari kapasitas diri tapi untuk jadi lebih baik, yang penting produktif aja bikin-bikin lagu sendiri.

Akan kah mengajak mereka di album rekaman kalian nanti?

Hahaha enggaklah, ngimpi kali ye

Eeeh siapa tahu mereka ngarep lho

Wahahaha, kebalik. Tapi sebenernya gak cocok sih. Somboong. Hahaha, jadi gak usah dipaksain. Karakternya beda banget ama Tetangga Pak Gesang. Mereka keren, tapi gak pas sama kita. Hihihi.

Last word

Pokoknya segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati dan tulus itu pasti akan mendatangkan hal yang baik juga. Kayak aku awalnya cuma suka maen ukulele untuk seneng-seneng bikin lagu. Pokoknya yang paling penting akunya senang dulu, kalo ada yang orang lain di sekitar kita senang juga ya itu bonus. Ya kolaborasi ini adalah salah satu bonusnya. Jadi gak terlalu bertendensi untuk keren-kerenan atau apapun itulah.

tetangga1

tetangga2

*foto: Tetangga Pak Gesang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here