Connect with us

New Tracks

Mad Madmen Luncurkan Lagu Terbaru Berjudul “5’s & 7’s”

Published

on

Trio asal Jakarta, Mad Madmen kembali meluncurkan singel terbaru mereka berjudul “5’s & 7s” pada tanggal 24 April 2020 kemarin. Dalam lagu ini, grup musik yang digawangi oleh Kalam Mahardhika (gitar, vokal), Marvin Muhammad(bas, vokal) dan Thareq Satria Lubuk (drum) mengajak beberapa musisi lain dalam proses penggarapan lagu. Agustinus Panji Mardika (terompet), Refo Ramadhan (alto saxophone), dan Gracia Andrea (vokal latar) adalah ketiga musisi yang ikut tampil dalam karya Mad Madmen ini.

“5’s & 7’s” sendiri ternyata sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2016. Saat itu, Marvin dan Kalam bermaksud merilis lagu ini untuk proyek solo dari Kalam. Inspirasi judul diambil dari salah satu lagu milik Queens of the Stone Age, berjudul “3’s & 7’s” pada album Era Vulgaris.

“Lagu “5’s & 7’s” adalah upaya co-writing antara saya dan Marvin yang prosesnya sangat berbeda dengan“Mad Mad Woman”,” ucap Kalam. “Kalau di “Mad Mad Woman”, saya dan Marvin duduk bersama untuk merumuskan beberapa elemen lagu. Namun tidak dengan lagu “5’s & 7’s”. Marvin datang membawa ide-ide dia yang sudah matang, begitupun dengan saya. Lalu elemen-elemen pendukungnya kami rumuskan sambil mengerjakan lagunya di studio,” tambah Kalam.

Proses pembuatan lagunya dimulai dari bassline Marvin (bagan verse dalam birama 5/4) yang kemudian ditambahkan isian gitar oleh Kalam. Kedua instrumen ini menjadi pondasi melodi utama atau tema dalam lagu ini. Selanjutnya bagian solo instrumental oleh Refo dengan alto saxophone dan Kalam dengan gitar elektriknya dibuat dalam birama 7/4 sebagai upaya memainkan perpindahan birama yang disebut dengan metric modulation.

Selain itu, lagu ini menjadi lagu yang menurut Thareq sangat mewakili Mad Madmen sebagai sebuah grup musik. “Lagu ini saya rasa adalah lagu yang paling bisa menggambarkan ciri Mad Madmen sebagai sebuah unit musik sejauh ini. Perubahan dinamika, rasa, ketukan, dan sebagainya sepertinya sudah jadi syarat mutlak untuk tiap lagu Mad Madmen, dan tiap-tiap elemen tersebut ada di dalam lagu ini,” ucap Thareq. “Sejauh ini, saya rasa ini lagu kami yang paling lengkap, maka dari itu “5’s & 7’s” dirasa paling berhak untuk dijadikan singel pertama dari album kami yang rencananya akan rilis juga tahun ini”, tambah Thareq sekaligus membocorkan rencana penggarapan album dari Mad Madmen.

Bagian lirik lagu “5’s & 7’s” ditulis oleh Kalam yang bercerita tentang realita semu dari Mad Madmen. “Lagunya bercerita tentang sebuah pseudo-realita akan pembuatan lagunya sendiri, dan pada akhirnya membentuk Mad Madmen,” ucap Kalam. Hal ini berdasar pada nilai spontanitas dan proses pertemanan yang dibangun antara Kalam dan Marvin, serta karakter musik dan chemistry yang ditambahkan oleh Thareq sehingga menghasilkan karya-karya dari grup musik Mad Madmen. “Memang saya menulis lirik dalam lagu ini dengan niat mengungkap proses pembentukan Mad Madmen dengan gaya dan bentuk yang merujuk pada realita, namun di saat yang bersamaan tidak sepenuhnya akurat,” tambahnya.

Mad Madmen merekam lagu “5’s & 7’s” di ALS Studio. Refo Ramadhan selain mengisi saksofon, ia juga bertindak sebagai studio operator. Untuk bagian mixing lagu, Mad Madmen masih menunjuk Haruchika Setiadi dari Great Wave Studios yang sebelumnya sukses menggarap mini album Ego Friendly milik Mad Madmen juga. Mastering dari lagu ini dikerjakan oleh Steve Corrao dari Sage Audio.

Lagu ini sudah tersedia di berbagai layanan musik digital pada tanggal 24 April 2020 kemarin.

 

 

Kontak:
E-Mail : [email protected]
Phone : +6285891242444 (Vino) / +6287871885672 (Satrio)
Website: https://madmadmen.wixsite.com/madmadmen
Instagram: https://www.instagram.com/mad_madmen/
Twitter: https://twitter.com/mad__madmen
Facebook: https://www.facebook.com/mad.madmen.trio/
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCvVDmeRSBFwro86VJQRjptQ

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *