Connect with us

New Tracks

Mad Madmen Rilis Lagu Maharupa Dengan Anda Perdana Pada Vokal Tamu

Dipublikasikan

pada

Mad Madmen

Mad Madmen, trio asal Jakarta, kembali meluncurkan lagu terbaru mereka berjudul “Maharupa”. Trio yang beranggotakan Andika Rahimy (drum), Kalam Mahardhika (gitar, vokal), dan Marvin Muhammad (bas, vokal) ini menggaet Anda Perdana untuk mengisi vokal tamu dalam single tersebut.

Sebelumnya, tahun 2023 merupakan tahun yang memang dirancang oleh Mad Madmen sebagai tahun kolaborasi. Dimulai dari rilisnya EP kolaboratif, “In With The Out, Old With The New, Vol. 1” pada bulan Februari silam dengan mengajak Logic Lost, Samuel Paul Gerald, serta Tracy Giovanni, hingga perilisan dua varian merchandise kolaboratif yang menggandeng kolektif desain asal Surakarta, Mantul Studio dan Illustrator muda asal Kediri, Yudhistira Aliyyu Tanaya.

Maharupa Upaya Kolaborasi dilanjutkan oleh Mad Madmen dengan merilis studio single ke-6, “Maharupa” yang melibatkan Anda Perdana. Suara vokal milik Anda Perdana dirasa cocok oleh Mad Madmen dengan lagunya karena karakter khas yang ia miliki. “Lagu ini membutuhkan suara yang mengimbangi instrumentasi yang frontal banget… Kami kepikiran mengajak kolaborasi seseorang dengan karakter vokal yang sangat kuat, dan pada akhirnya menyimpulkan bahwa Bang Anda lah orang yang tepat,” ucap Kalam.

Proses rekaman dengan Anda Perdana tegolong unik bagi Mad Madmen karena kapasitas beliau mengintepretasikan sebuah lagu dan mengubah bagan lagu yang ia bawakan menjadi sangat khas dan personal. Marvin yang juga sebagai komposer pada lagu ini sangat mempercayakan lagu “Maharupa” kepada Anda Perdana. “Cara Bang Anda bernyanyi; karakter, penyampaian, dan ekspresinya sangat khas. Kami sangat mempercayakan beliau untuk menginterpretasikan bagan vokal yang kami berikan tanpa banyak intervensi atau memberikan arahan yang berlebihan,” ucap Marvin.

Merekam lagu “Maharupa” juga menjadi sangat spesial bagi Mad Madmen. Pasalnya proses rekaman lagu ini merupakan rekaman pertama yang melibatkan Andika Rahimy sejak dirinya resmi menjadi drummer tetap band Mad Madmen pada bulan Juli lalu. “Dengan Mad Madmen, saya merasa ruang eksplorasi saya jadi luas. Berangkat dari menggemari Mad Madmen sampai nongkrong bareng dan kemudian tergabung di didalamnya, saya merasa Mad Madmen terus membuka ruang untuk berkembang secara musikal sehingga saya sangat senang bisa terlibat di dalam proses tersebut,” ucap Andika.

Proses rekaman gitar dan bass direkam oleh Marvin sebagai operatornya. Lalu yang menarik rekaman drum dan vokal dikerjakan dengan bantuan I Gusti Gede Vikranta sebagai operator di Djoeroek Poeroet Studio. Proses mixing dan mastering dipercayakan ke Haruchika Setiadi di Great Wave Studios yang sebelumnya juga sukses menangani EP “In With The Out, Old With The New, Vol. 1”, album “Mental Breakdance”, serta EP “Ego Friendly” dari Mad Madmen.

Tidak membatasi diri hanya pada penggarapan lagu, upaya Mad madmen dalam berkolaborasi juga diteruskan dengan mengajak seniman Illustrator/Designer Grafis muda asal Bogor/Bandung, Rifqi Ryansyach untuk mengerjakan desain sampul single “Maharupa”. Tidak banyak arahan yang diberikan oleh Mad Madmen kepada Rifqy, karena sedari awal Mad Madmen ingin membebaskannya dalam intepretasi visual lagu “Maharupa” sesuai dengan gaya ilustrasinya sendiri.

Rifqi menjelaskan bahwa bagian intro pada lagu ini adalah titik awal pengembangan desain yang ia kerjakan. “Suara drum yang basah dengan cabikan gitar gendeng yang dipadu dengan fuzz membuat saya memilih bagian intro sebagai fokus pengembangan ilustrasi untuk cover single ini.” Ucap Rifqi.

“Maharupa” sendiri merupakan rilisan yang diperuntukan untuk menjadi highlight track kontinuasi EP kolaboratif oleh Mad Madmen berjudul, “In With The Out, Old With The New, Vol. 2” yang diproyeksikan rilis pada penghujung tahun 2023. EP yang menjadi lanjutan dari “In With The Out, Old With The New, Vol. 1” juga akan menggandeng beberapa kolaborator lain selain Anda Perdana.

“Maharupa” oleh Mad Madmen featuring Anda Perdana suda dirilis di semua layanan digital streaming pada 29 November 2023.

Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *