Penampilan Glenn Fredly di Synchronize Festival 2019: Damai Untuk Papua dari Jakarta

0
1

Glenn Fredly, penyanyi solo asal Jakarta, menampilkan hiburan sarat makna pada hari pertama Synchronize Festival 2019 (4/10). Di tengah-tengah penampilannya, Glenn mempersembahkan sebuah lagu untuk Papua. Ia juga menyerukan persatuan dan ajak menjauh dari propaganda yang dibuat untuk memecah belah Indonesia khususnya Papua.

Memulai penampilan pada 22.15 WIB, Glenn pada membuka konser dengan membawakan ‘Karena Cinta’. Ia selanjutnya membawakan karya-karya hitsnya selama kariernya yang dimulai pada tahun 1998. Lagu-lagu seperti ‘Terserah’ dan ‘Akhir Cerita Cinta’ dibawakan pada awal-awal konser. Ia juga membawakan lagu yang berformat duet secara sendiri seperti ‘Cinta dan Rahasia’ (dengan Yura Yunita), ‘Adu Rayu’ (dengan Tulus dan Yovie Widianto), sampai ‘Hikayat Cinta’ (dengan Dewi Perssik).

Tujuh lagu berjalan, penyanyi bernama asli Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini lalu meminta izin ke penonton untuk membawakan lagu untuk Papua. Lagu yang dimaksud berjudul Tanah Perjanjian. Lagu ini diciptakan oleh Glenn bersama Ras Muhamad, penyanyi reggae asal Jakarta.

Glenn memang lahir di Jakarta, tapi orang tua Glenn berasal dari Maluku. Itulah yang membuat Glenn sangat peduli dengan Indonesia Timur. Sebelum lagu dimulai, Glenn berpidato sedikit mengenai apa yang terjadi di Papua akhir-akhir ini.

Sehubungan dengan adanya konflik di Wamena, Glenn berpesan kepada penonton agar jangan gampang termakan hasutan-hasutan soal Papua. “Jangan pernah percaya propaganda bahwa orang-orang Papua itu jahat, itu tidak benar sama sekali. Orang-orang yang punya kepentingan politik untuk memecah belah itu yang jahat.”

Lagu ‘Tanah Perjanjian’ dibawakan dengan syahdu ditambah visual tulisan “We Love Papua” di belakang. Penampilan dilanjut dengan lagu ‘Yamko Rambe Yamko’ yang membuat penonton berjoget.

Hikayat Cinta’ dan ‘Kisah Romantis’ berturut-turut jadi lagu selanjutnya. Penampilan pun ditutup dengan ‘You Are My Everything’.

Penampilan Glenn Fredly pada malam itu tak hanya menghibur para fans dengan lagu-lagu hitsnya, namun juga menyampaikan pesan untuk perdamaian di Papua kepada teman-teman di Jakarta. Glenn nampaknya ingin menularkan semangatnya: kepedulian terhadap Papua dari manapun kapanpun.

Teks: Aldrin Kevin
Foto: Aldrin Kevin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here