Connect with us

Articles

Tips Asyik Nonton Festival Musik

Published

on

Jadwal festival musik dan acara konser lainnya sangat bejibun di negeri ini. Beragam opsi pun bisa kita pilih sesuai dengan taste musik yang dimiliki. Namun tidak sekedar dijadikan ajang menikmati sajian musik, tetapi juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menonton festival musik.

Apalagi festival musik SOUNDRENALINE 2015 sudah hadir di depan mata. Helatan ini selalu mengusung tema berbeda dan kerap ditunggu para pecinta musik di seluruh Indonesia. Sederet artis papan atas tanah air ditampilkan lewat suguhan spektakuler dan berkelas internasional.

Nah demi kenyamanan bersama, berikut ini beberapa tips yang bisa dicontek.

***

Pakai Pakaian Yang Nyaman
Dalam suatu gelaran festival musik, bisa dibilang bahwa kita bakal berdiri sepanjang acara. Jadi sebelum menonton, pastikan sepatu yang kita gunakan memiliki kenyamanan, misalnya sneakers, flat shoes, atau boots. Selain itu urusan pakaian juga mesti diperhatikan. Jika cuaca panas mentereng, lebih baik pakai t-shirt atau kaos simpel yang cepat menyerap keringat ketimbang jaket hoodie berbahan tebal.

Batasi Barang Bawaan
Ada beberapa penyelenggara festival musik yang menyediakan tempat penitipan barang. Kitapun dapat memanfaatkan hal ini untuk mengamankan barang bawaan terutama yang berharga. Namun sebenarnya cukup bawa ponsel dan uang seperlunya saja sih. Apalagi venue festival musik yang dipastikan sangat ramai kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Minimnya barang bawaan juga berguna untuk menghindari potensi terjatuh saat meloncat mengikuti irama musik.

Makan Dahulu
Terkadang sebagian orang mengesampingkan hal ini dan berpikir bisa saja jajan di tempat acara. Akan tetapi sebaiknya ada sedikit asupan biar nggak bikin perut kosong banget. Berada di tengah keramaian dan menikmati musik bersama biasanya bakal meningkatkan mood kita, tetapi secara nggak sadar juga turut mengeluarkan energi yang sangat besar. Apalagi kalau sebelumnya harus mengantri dan menunggu sebelum acara dimulai. Nggak asyik juga kan kalau akhirnya tumbang gegara kehabisan tenaga.

Hafalkan Lagu
Bermodalkan pernah dengar lagunya di radio, jadi sudah merasa paling ngefans. Kayaknya nggak gitu juga sih. Mendingan cari tahu lagu-lagu dari musisi tersebut supaya nggak sekadar hafal yang ngehits-nya doang. Bisa dengan beli albumnya sejak jauh hari atau googling untuk tahu lebih banyak informasi tentang sang musisi.

Pastikan Letak Ruang Kesehatan
Tak ada yang mau jatuh sakit atau penyakit kambuh saat menikmati serunya festival musik. Namun untuk berjaga-jaga, lebih baik pastikan sejak awal letak ruang kesehatan. Informasi ini bisa dilihat di maps yang bertebaran di area festival musik atau bertanya langsung ketika menukarkan tiket.

Datang Sejak Awal
Penyelenggara telah membuat susunan rangkaian acara dengan menempatkan musisi-musisi tertentu dengan jam tertentu pula. Sang musisi pun tentu sudah menyiapkan setlist istimewa untuk penontonnya. Datanglah sejak awal acara agar kita dapat menikmati pengalaman festival musik dengan apresiasi yang maksimal.

Jangan Terpaku Dengan Gadget
Kini hampir semua orang memakain gadget dan tak bisa dilepaskan darinya. Pernah merasakan nonton festival musik yang sebagian besar penontonnya mengangkat gadget dan merekam festival musik? Tentu menyebalkan, bukan? Apalagi kalau gadget yang digunakan berukuran besar seperti tab. Sesekali mungkin boleh saja mengambil gambar, tapi nggak perlu keseringan juga. Just enjoy the show! Laguipula festival-festival musik besar biasanya punya rekaman tersendiri di Youtube dengan kualitas tinggi yang bisa kita tonton kembali.

No Drugs & No Alcohol!
Apa serunya nonton festival musik sambil minum dan ngedrugs? Selain mengganggu kenyamanan orang lain, hal ini juga hanya menciptakan keasyikan semu dalam diri sendiri. Lantas apakah ketika mabuk, kita dapat benar-benar menikmati dan mengapresiasi musik? Apalagi kondisi tersebut bikin kesadaran nggak berada di titik yang penuh, sehingga berpotensi bikin ricuh dan digebukin massa.

Jaga Ketertiban
Hal yang paling menyebalkan ketika festival musik adalah keadaan berdesakan. Apalagi kalau sampai dorong-dorongan hingga ada yang terluka karena jatuh atau terinjak. Tetaplah menjaga ketertiban karena kita adalah penonton yang cerdas!

Jaga Kebersihan Lingkungan
Last but not least, ini dia hal yang sering dilupakan. Terbawa euforia festival musik membuat kita tak peduli dengan lingkungan sekitar. Bekas makanan, minuman, puntung rokok, atau tisu dibiarkan bertebaran dimana-mana. Selain tak enak dipandang, hal ini juga membuktikan kesadaran tentang kebersihan yang sangat rendah. Kalau belum menemukan tempat sampah, lebih baik lipat dan simpan saja dulu di saku untuk sementara. Kepedulian akan kegemaran diri terhadap musik mestinya berbanding lurus juga dengan kepedulian kita terhadap kesukaan alam yang butuh kebersihan!

Salah satu festival musik yang mesti kita datangi adalah tak lain dan tak bukan: SOUNDRENALINE 2015! Dengan tema “Change the Ordinary”, akan ada beberapa penampilan proyek musik spesial. Salah satunya kolaborasi musisi lintas genre dan lintas generasi serta kehadiran musisi internasional. Nah sekian tips di atas pun bisa kita coba di ajang tahunan tersebut. Untuk informasi terbaru tentang SOUNDRENALINE 2015 silakan cek di web www.soundrenaline.co.id

***
Teks: Hanifa Paramitha Siswanti

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.