Connect with us

Articles

Lagu-Lagu yang Terinspirasi oleh Atlet

Published

on

Lagu, tentu saja bisa tercipta dari berbagai sumber inspirasi, bisa terbentuk dari berbagai pesan yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Ada lagu yang tercipta dari sumber inspirasi buku, atau bahkan Gigsplay pun pernah membahas tentang lagu yang terinspirasi oleh karakter di film.

Kali ini, Gigsplay mengumpulkan dan menyusun lagu-lagu yang terinspirasi dari bidang olahraga. Memang pada dasarnya seorang musisi tidak memiliki batasan-batasan dalam penciptaan lagunya, namun, biasanya kita pun secara kasar bisa menilai dan memerhatikan, terlalu banyak lagu-lagu yang terinspirasi dari pengalaman pribadi, yang menceritakan tentang cinta, cinta, cinta hingga motivasi.

Namun, musisi-musisi di bawah ini memiliki cerita yang berbeda, menulis lagu yang terinspirasi oleh orang-orang yang memiliki profesi di bidang olahraga. Simak lagu-lagu yang tercipta dari inspirasi olahraga.

 

Lorde – Royals

Pada tahun 2012, Lorde merilis lagu “Royals” ini yang terdapat di EP berjudul The Love Club, kemudian memasukan juga lagu tersebut ke dalam album pertamanya yang berjudul Pure Heroine pada tahun 2013. Lagu yang ditulis oleh Lorded an Joel Little ini terinspirasi dari sebuah pemberitaan seorang pemain baseball dari Kansas City Royals bernama George Brett. Terdapat foto Brett di National Geographic yang terbit di bulan Juli 1976 yang menggambarkan tulisan “Royals” berupa tanda tangan milik Brett.

 

Bob Dylan – Hurricane

Bob Dylan merilis lagu ini pada bulan November tahun 1975 yang direkam di New York. Lagu “Hurricane” merupakan lagu protes yang ditulis oleh Bob Dylan dan Jacques Levy tentang hukuman penjara yang dialami oleh Rubin Hurricane Carter. Hukuman penjara atas pembunuhan yang dilakukan oleh Carter dan temannya merupakan salah satu kasus yang kontroversial, karena banyak tudingan tentang penangkapan dan tudingan tidak bersalah hingga masalah rasis.

 

Morrissey – Boxers

Lagu yang dirilis tahun 1995 ini merupakan single yang berhasil menembus beberapa chart di Inggris. Bersamaan dengan itu, Boxers juga menjadi judul tour Morrissey di tahun tersebut. Lagu ini merupakan lagu yang terinspirasi oleh petinju bernama Billy Conn. Lagu ini menjelaskan tentang tinggi rendahnya kehidupan di atas ring.

 

Ben Gibbard – Ichiro’s Theme

Sebagai frontman Death Cab For Cutie dan Postal Service, Ben Gibbard paham bagaimana membawakan sebuah moment sentimental pada sebuah lagu. “Ichiro’s Theme” yang ditulis tahun 2012 menceritakan tentang kekagumannya terhadap Ichiro Suzuki, pemain baseball dari Yankees, New York.

 

Super Furry Animals – The Man Don’t Give a Fuck

Striker dari Cardiff City yang bernama Robin Friday menjadi pengaruh terbesar di lagu ini. Super Furry Animals menulis lagu ini sebagai hadiah untuk Robin Friday yang dengan eksentrik selalu menarik perhatian di lapangan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.