Philips Fidelio S1 & S2 Menjadi Earphone Pilihan

0
4367

Setelah menulis tentang musik-musik yang cocok untuk traveling akhirnya menarik diri untuk mencari beberapa referensi gear yang mendukung traveling tersebut. Setelah berpikir bahwa tidak perlu mengganti pemutar musik digital yang akan dibawa dalam traveling, akhirnya pencarian selanjutnya adalah earphone, karena headphone tampaknya sudah tidak praktis lagi untuk dibawa bepergian. Tidak mudah ternyata mencari dan memilih earphone yang sesuai dengan keinginan kita, baik itu dari segi kualitas suara dan juga kenyamanan.

Sampai akhirnya dipertemukan lah dengan Philips Fidelio dan rasanya perlu untuk dijadikan perangkat wajib dalam perjalanan, apalagi solo traveling. Tidak penasaran kenapa Philips Fidelio ini menjadi pilihan earphone terbaik, selain sudah lebih dari 50 tahun perusahaan tersebut eksplorasi di bidang akustik headphone dan earphone, juga Philips Fidelio ini menyajikan suara yang seimbang dan alami dengan desain yang sederhana namun stylist.

Phillips Fidelio S1
Phillips Fidelio S1

Pertemuan dengan Philips Fidelio ini melalui dua model yang awalnya membingungkan untuk memilih siapa. Ada Philips Fidelio S1 dan S2. Bagi S1, dia memperkenalkan diri sebagai in-ear headphones with mic. Cukup terkesima dengan desainnya yang melibatkan detail di berbagai sisi.

Karena pengaruh kerangkanya dari aluminum, Philips Fidelio S1 ini mampu mengurangi resonansi dan vibrasi, sehingga detail suara pada musik akan mampu diterima oleh kita dengan baik.

Salah satu departemen yang menjadi penilaian penting dari ear-headphone adalah kualitas penyediaan low atau bass. Fidelio S1 tidak merasa kesulitan untuk menyediakan hal ini, ketika diperhatikan, arsitektur bagian belakang pada kerangka ear-headphone-nya berbentuk semi tertutup dengan kombinasi driver besar ditambah dengan kualitas premium. Hasilnya? Eksistensi bass sangat optimal ditemani dengan channel frekuensi lainnya yang entah bagaimana begitu terbagi secara seimbang seolah kita memiliki 4 speaker yang mengelilingi kita.

Rasa penasaran terhadap perangkat suara ini akhirnya mulai mencermati susunan arsitektur yang menjadi kerangka utamanya. Driver yang menjadi penunjang utama dalam pengiriman suara merupakan driver neodymium yang hanya berukuran 13,5mm namun memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan kapasitas bass yang ideal, midrange yang transparan dan frekuensi hi yang halus.

Salah satu yang menarik adalah pemilihan kabel yang datar atau flat cable yang tidak biasa. Melalui flat cable ini, Fidelio S1 dilengkapi dengan in-line control dan mic sehingga kita dimudahkan untuk sinkronisasi dengan fitur handphone. Asesoris juga ternyata dilihat sebagai unsur penting lainnya, seperti adanya slider anti sangkut dan tas kecil yang mampu menjadi casing yang aman.

Silikon atau foam dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran lubang telinga ini ternyata selain memberikan kenyamanan ketika menggunakan Fidelio S1, juga memberikan isolasi kebisingan yang sangat baik. Salah satu poin yang perlu diperhatikan tentang ear-headphone adalah kenyamanan telinga kita yang melalui jarak dekat langsung menerima suara. Fidelio S1 sadar dengan poin tersebut sehingga kenyamanan dari segi pemakain, juga adanya kenyamanan dari segi pengontrolan suara yang diterima oleh telinga kita.

Phillips Fidelio S2
Phillips Fidelio S2

Hal ini juga yang membingungkan ketika Philips Fidelio S2 memperkenalkan diri. Dia memiliki fitur yang hampir sama, mulai dari pelayanan suara yang alami dan seimbang, penyediaan suara yang detail dan dari segi kenyamanannya pun S2 ini berhasil menarik perhatian.

Akhirnya ada beberapa poin yang menjadikan S2 begitu cocok untuk dijadikan perangkat wajib dalam bepergian. Philips Fidelio S2 banyak dibentuk dari bahan baja, selain mampu mengurangi vibrasi dan resonansi yang tinggi, dari segi desain tampak lebih fancy dibanding S1.

S2 diciptakan untuk kepraktisan, untuk mendukung tujuan ini sebenarnya S2 hampir sama dengan S1 memiliki fitur kontrol dan mic in-line yang terhubung dengan handphone, juga casing super protektif dan flat cable sebagai pelengkapnya. Flat cable dirasa memiliki keuntungan yang cukup penting saat melakukan perjalanan, karena menghindari tersangkutnya kabel dengan kabel atau benda lainnya.

spek-phillips_fidelioSampai akhirnya S2 menjadi pilihan terbaik ketika dari poin-poin tambahan kenyamanan dan kepraktisan untuk melakukan traveling sangat diperhatikan, salah satunya silikon yang lembut untuk kenyamanan telinga disajikan dalam 6 pasang dengan berbagai ukuran. Spesifikasi diantara S1 dan S2 pun bisa dilihat sebagai berikut, untuk bisa lebih detail membedakan karakteristik suara dan kenyamanannya yang hampir sama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here