Connect with us

Music News

Bangkutaman Perkenalkan Kembali Sistem Unduh Lagu di Karya Terbarunya

Published

on

Grup musik Bangkutaman merilis karya musiknya dengan sistem unduh lagu. Langkah baru ini diambil bangkutaman dengan memperhatikan kondisi bahwa hari ini musisi perlu mendapatkan apresiasi yang lebih baik akibat keterbatasan ruang geraknya.

Lewat Palm House Records, label baru bangkutaman bernaung, grup yang baru saja merilis single terbaru “Dinamika” ini membuka lagunya untuk diunduh berbayar di laman situs palmhouserecords.id.

“Wacana unduh musik sebetulnya sudah lama dilupakan oleh industri. Padahal ini sebetulnya sistem yang bagus untuk membangun loyalitas dan bentuk apresiasi fans terhadap sebuah karya musik,” ujar Wahyu Acum, vokalis Bangkutaman.

Bangkutaman tidak sendiri, sebelumnya ada Maliq & D’Essentials yang lebih dulu memulai kembali wacana unduh musik berbayar ini di sebuah aplikasi khusus buatan Indonesia.

“Band-band independen di seluruh dunia hari ini juga masih melakukan sistem unduh lagu berbayar ini lewat situs macam Bandcamp dan lainnya, ini bukti bahwa meski tidak populer, layanan ini masih tetap menjadi strategi buat band,” tambah drummer Chisto Putra.

Senada dengan Bangkutaman, Palm House Records sendiri menganggap sistem unduh berbayar ini sebagai metode agar fans bisa punya experience dalam hal audio dan elemen menarik lainnya.

“intinya sih metode baru jualan musik dengan cara pembayaran yg gampang, trus di masa pandemi ini buat support aja. Dengan adanya sistem unduh ini di website kami, fans bisa denger dan punya musiknya dengan kualitas terbaik disertai konten eksklusif lainnya,” ujar Winogradsky Tikulla, perwakilan dari Palm House Records.

Di situs palmhouserecords.id, selain Bangkutaman, terdapat juga beberapa materi baik single maupun album yang dimiliki oleh roster Palm House Records lainnya, dari Sleep Shelter, Sirati Dharma, SMSR, Sasan Fai dan Black Horses.

“Ke depannya bisa juga band lain titip jual digital downloadnya di palmhouserecords.id,” tambah Wino.

Sekilas tentang Palm House Records, label ini dibentuk oleh dua musisi, Pandji Adhi Dharma dan Rundu Talenta pada tahun 2016 sebagai anak perusahaan Palm House Studio, laboratorium musik tempat para roster dan musisi-musisi baru berlatenta ini membuat materinya. Di tahun 2020, Wino bergabung di Palm House Records untuk mengatur sistem distribusi bagi roster-roster yang bernaung di label ini.

Sampai tahun ini, Palm House Records memiliki 6 roster: Sleep Shelter, bangkutaman, Sirati Dharma, SMSR, Sasan Fai, Black Horses.

Untuk sistem unduh berbayar, Bangkutaman memasang harga sebesar 11 ribu untuk satu lagu. Tak hanya “Dinamika”, Bangkutaman akan menambahkan satu lagu b-side yang tidak ditemukan di layanan digital manapun.

Ke depannya. Bangkutaman akan berencana menambahkan beberapa konten eksklusif lainnya untuk diunduh berbayar di situs palmhouserecords.id. Nantikan tanggal mainnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *