Connect with us

Articles

‘Menghargai’ Musik Lewat Cassette Store Day

Published

on

cassette-store-day-2013-650-430

Cassette Store Day. Perayaan para pegiat dan penikmat musik format pita. Hmmm bagi penikmat musik, musisi, sampai label rekaman merayakan ‘hari besar’ ini. Kecintaan penikmat musik akan format musik kaset membentuk memori-memori yang indah yang masih teringat dan dirindukan ampe sekarang.

Gak heran kalo orang-orang masih menikmati dan mencari rilisan fisik dalam bentuk kaset. Ini menunjukkan juga kalo rilisan fisik tidak mati, masih banyak artist yang merilis bentuk kaset, dan pendengar yang mencarinya, plus masih banyak label yang merilis format pita ini.

Akhirnya Cassette Store Day dirayakan setiap tanggal 7 September di seluruh dunia. Terdengar kabar di Indonesia ada beberapa kota seperti Jakarta, Malang dan Bandung ikut merayakan euphoria ini dengan sebuah pameran, live recording, diskusi, music performance, trading, sampai barter. Ini merupakan keadaan yang bagus, dimana banyak pegiat musik yang terlibat dan menguatkan akan kejayaan musik khususnya era rilisan fisik.

Dari blog-interview Steve Rose, yang aktif di label rekaman SEXBEAT menceritakan tentang awal inisiasi Cassette Store Day. Dia menyebutkan nama Matt Flag yang ikut memberikan banyak bantuan untuk membuat Cassette Store Day, dia adalah orang di balik tape label bernama Suplex Cassettes, dia juga bergabung di band, Fair Ohs.

Selain Matt, ada Jen Long, dia adalah orang di balik tape label bernama Kissability, mereka semua adalah inisiator Cassette Store Day yang ternyata ide awalnya dari Record Store Day.

Akhirnya Cassette Store Day ini disambut oleh banyak pihak, mulai dari media, musisi, label rekaman, dan tentu saja penggemar untuk kembali mengenang nilai-nilai keindahan dari memutar kaset, merawat kaset, merapikan gulungan, dan membersihkan pita kaset!

Yang paling menarik bagi Saya adalah ketika berkumpulnya semua pihak tadi di suatu tempat, bertukar cerita kenangan, bertukar dan memamerkan koleksian, berbagi tips dan ide, akhirnya membentuk  rasa menghargai yang baik.

Dengan ini, orang akan lebih memiliki rasa menghargai suatu karya dengan baik, menghargai bentuk fisik yang sedemikian rupa dirawatnya, dan menghargai musik yang ada di dalamnya. Rasa ini akan berkembang dan sangat dibutuhkan untuk siklus penciptaan dan penjualan musik.

Well, dari sekian banyak album dan single yang akan dirilis hari ini, 7 September 2013, yup! bertepatan dengan Cassette Store Day, Saya mau berbagi rilisan favorit Saya, dan berharap bisa semuanya Saya putar di tape player tua Saya. So, Happy Cassette Store Day 2013!

Mum – “Smilewound” (Blood & Biscuits)
Animal Collective – “Sung Tongs” (Fat Cat)
Los Campesinos! – “A Good Night For a Fist Fight Live Album” (Kissability)
The Flaming Lips – “The Terror” (Bella Union)
Efek Rumah Kaca – “Efek Rumah Kaca”
Fucked Up – “Hidden World” (SEXBEAT)
At The Drive-In – “Relationship Of Command” (Transgressive)
L’alphalpha – “Two Keys Harmony”
Suicidal Tendencies – “Debut” (Burger)
The Sastro
The Pastels – TBA (Domino)
Deerhunter – “Monomania” (4AD)
Roman Catholic Skulls – Weathered (Elevation Records)
Efterklang – “Tripper” (Blood & Biscuits)
Xiu Xiu – “Women As Lovers” (Bad Paintings)
Peter Broderick – “Float 2013” (Erased Tapes)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.